Cara Aman Melewati Jalur Mudik 2017

Ramadhan memang tinggal menghitung hari, namun antusias masyarakat dalam menyambut lebaran tidak kalah pentingnya. Banyak yang sudah jauh-jauh hari memesan tiket pulang kampung agar dapat kumpul bersama keluarga sesegera mungkin. Hal yang paling melelahkan tentu saja harus berdesakan dan antri panjang. Ada beberapa jalur mudik 2017 yang bisa dilalui dengan aman. Jalur mudik tersebut juga telah dipersiapkan dengan baik agar perjalanan menjadi lancar. 
Cara Aman Melewati Jalur Mudik 2017
Ilustrasi
Bagi Anda yang memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi, Anda harus membuat persiapan ekstra karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Berikut ini ada beberapa hal yang musti menjadi perhatian Anda saat melewati jalur mudik 2017.

1. Periksa kendaraan pribadi
Hal dasar yang harus diperhatikan adalah memeriksa kondisi kendaraan sebelum digunakan melewati perjalanan panjang. Cek kondisi mobil dengan teliti mulai dari brake shoes, kampas rem, penyaring oli, kopling (mobil manual), timing belt, busi, radiator, AC dan sebagainya. Jika ada kerusakan Anda bisa memperbaikinya sebelum mudik. 

2. Pastikan update informasi seputar lalu lintas 
Di era seperti sekarang ini, memperoleh informasi akan jauh lebih mudah dari sebelumnya. Pihak kepolisian setempat dan dinas perhubungan akan selalu memberikan informasi terbaru seputar kondisi lalu lintas di beberapa titik yang dilewati pemudik. Anda juga dapat mengunduh aplikasi seperti Waze untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas seputar lalu lintas yang akan dilalui. 

3. Temukan jalur alternatif lain
Daerah yang rawan macet adalah jalur Pantura dimana mobil dari Jakarta menuju timur Jawa akan tumpah ruah menghiasi sepanjang jalan tersebut. Akan sangat melelahkan bila Anda tidak mencari jalur alternatif lain karena waktu akan banyak dihabiskan di dalam kendaraan. Anda menemukan informasi di internet atau kunjungi beberapa forum yang memberikan rekomendasi jalur alternatif mana yang dapat dilewati dengan aman. 

4. Usahakan tidak menyetir seorang diri
Akan sangat beresiko jika Anda bepergian seorang diri. Pertama Anda akan sangat lelah dan tidak ada yang dapat menggantikan. Kedua, kejahatan selama di perjalanan menjelang lebaran meningkat sehingga berbahaya jika tetap nekat pergi sendiri. Ajak kerabat atau teman yang juga akan mudik agar bisa bergantian.

5. Istirahat jika sudah terlalu lelah 
Keinginan untuk segera sampai ke tempat tujuan seringkali mengabaikan kondisi badan yang sudah lelah. Tak heran angka kecelakaan meningkat karena pengemudi menyepelekan waktu istirahat. Di beberapa ruas jalan biasanya telah disediakan beberapa pos untuk beristirahat dengan  nyaman. 

Itulah beberapa hal yang musti diperhatikan saat akan melewati jalur mudik 2017. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian. Utamakan keselamatan dengan tidak berkendara secara sembrono serta patuhi setiap rambu yang terpasang. 
Share on Google Plus

About Negara Daha

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar