Sedekah Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama

Mengapa sedekah dikatakan sebagai bentuk kepedulian? Ya, sedekah atau berbagi bisa membantu sesama yang sedang dalam kesulitan. Beragam bentuk sedekah ini bisa kita berikan, seperti baju bekas layak pakai, makanan, uang atau berupa kebutuhan sehari-hari. Berbicara sedekah, kita sering menemukan istilah sedekah pangan. Sebagian orang menilai bentuk sedekah ini merupakan yang paling baik. 

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini dunia sedang berada dalam kesulitan pangan yang cukup parah. Ambil contoh, Sudan Selatan merupakan negara di Benua Afrika yang sedang dilanda bencana kelaparan. Donasi untuk sudan selatan terus digalakkan terutama bantuan dari rakyat Indonesia yang secara situasi dan kondisi dianggap lebih baik. 

Akan tetapi, di Indonesia sendiri masalah pangan terkadang menjadi isu utama yang selalu dibahas Pemerintah, mulai dari gizi buruk, anak busung lapar, pemerataan kesehatan, pemerataan distribusi pangan dan masih banyak isu kemanusiaan lainnya dalam negeri. Kerawanan pangan yang cukup tinggi tidak hanya terjadi di daerah terpencil Indonesia saja, daerah perkotaan pun sering mengalaminya karena ada ketimpangan sosial yang cukup tinggi. 

Sepertinya, kerawanan pangan ini bukan hanya masalah satu negara. Bahkan sudah menjadi isu yang mendunia dimana peran semua negara dibutuhkan untuk memberikan perhatian khusus. Sebagai bentuk keseriusan PBB salam menangani masalah kerawanan pangan, dibentuk lembaga khusus yang kita kenal dengan nama Food and Agriculture Organization (FAO). Sayangnya keberadaan lembaga ini belum dirasakan manfaatnya. 
Ilustrasi. (foto: azhan.co)
Kerawanan pangan berkaitan sekali dengan kebiasaan kita membuang makanan dengan sengaja. FAO memberikan kabar mengejutkan mengenai hal ini yakni “jumlah makanan satu tahun yang terbuang bisa mencukupi kebutuhan pangan 1 benua Afrika”. Jelas, bisa dibayangkan berapa ton makanan yang terbuang percuma? Sebaiknya kita harus mulai mengkonsumsi makanan secukupnya dan menyedekahkan makanan yang kita punya daripada terbuang nantinya. 

Pangan menjadi kebutuhan dasar hidup setiap manusia dan membebaskannya dari bencana kelaparan. Bisa memutus rantai masalah gizi buruk balita dengan memberikan pangan bergizi secara intensif. Dalam keadaan darurat, sedekah pangan menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dan dalam rangka pemenuhan pangan siap saji bagi korban. Mengapa tidak uang? jika uangnya ada sedangkan ketersediaan pangan di negara terkena bencana kelaparan sangat minim tentu menjadi tidak efisien. 

Sedekah pangan memastikan sedekah yang kita berikan disalurkan dengan tepat sasaran oleh lembaga kemanusiaan. Manfaatnya akan terasa nyata dinikmati oleh orang yang membutuhkan. Mari kita berbagi kebaikan dengan sedekah pangan, karena pertanyaannya adalah apakah kita rela mengetahui saudara kita sedang kelaparan?                                                                                                        
Share on Google Plus

About Negara Daha

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar