Istana Kutai Kartanegara, Peninggalan Kerajaan Kutai yang Menyimpan Sejarah

Anda sedang merencanakan wisata sejarah untuk keluarga dan memberikan pengetahuan untuk anak-anak? Istana Kutai Kartanegara merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari tentang sejarah kerajaan di Indonesia. Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke-4 dan dulunya merupakan kerajaan Hindu. Tapi, setelah tahun 1735 kerajaan ini berubah menjadi kerajaan Islam dengan raja yang bergelar Sultan Aji Muhammad Idris.

Pada tahun 1971 Kerajaan Kutai di serahkan kepada Pemda Kalimantan Timur dan dikelola dengan baik hingga sekarang. Tahun 1976 pemerintah provinsi Kaltim menyerahkan pengelolaan Istana kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk dijadikan sebagai Museum Negara. Museum ini diberikan nama Museum Mulawarman dan Sultan Aji Muhammad Salehudin adalah raja ke-20 Kesultanan.


Karena tempat ini dulunya merupakan sebuah Istana yang luasnya 2.270 m², maka mempunyai banyak nilai sejarah. Anda dan keluarga bisa berkeliling dengan berjalan kaki, berkunjung dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Anda akan melihat berbagai macam peninggalan kerajaan dan benda-benda bersejarah tentang Kerajaan ini. Di sebelah kanan istana terdapat makam-maka Raja dan keluarga kerajaan.


Tak jauh dari makam, ada toko-toko yang menjual souvenir khas Kutai dan Kalimantan Timur yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Jika Anda merasa lapar dan haus, bisa mampir dan mecicipi kuliner khas tempat ini. Destinasi wisata bersejarah Museum Mulawarman ini berada di Jalan Diponegoro, Tenggarong, Kutai Kartanegara provinsi Kalimantan Timur. Jika dari Bandara Samarinda membutuhkan waktu sekitar 60 menit.
Share on Google Plus

About Negara Daha

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar